Minggu, 03 Oktober 2010

TIANG AWAN DAN TIANG API


Roma 8:14; Bilangan 9:22

Coba anda bayangkan bila seandainya Anda dan saya dilepas sendiri di padang gurun yang luas tanpa menggunakan alat penunjuk arah atau bantuan lain, pasti akan beroutar-putar dan pada akhirnya mati kehausan.
Tetapi ada hal menarik selama perjalanan bangsa Israel di padang gurun menuju tanah Perjanjian. Mereka berjalan di padang gurun yang terhampar luas tanpa menggunakan kompas dan peta tetapi mereka tidak tersesat dan mati malah sampai ditanah Kanaan dengan selamat meskipun ada sebagian yang tewas karena pemberontakan mereka sendiri.
Apa rahasianya? Dengan melihat tiang awan dan tiang api. Tiang api dan tiang awan itulah yang menuntun mereka. Dan mereka dituntun dengan tiang awan dan tiang api tidak untuk selamanya. Sebab setelah mereka sampai di tanah perjanjian, mereka tidak lagi dipimpin oleh tiang awan dan tiang api lagi. Sebagai gantinya mereka dipimpin oleh Roh Allah yang ada pada seorang nabi, iman dan raja.
Bagaimana dengan kita sebagai umat Perjanjian Baru? Apakah masih sama dengan bangsa Israel pada waktu itu? Tidak! Perlu Anda ketahui bahwa tiang awan dan tiang api itu sudah tidak ada di luar tetapi telah masuk dalam roh anda. Itulah Roh Kudus. Itu berarti Tuhan tidak lagi memimpin Anda dengan cara yang dapat dilihat mata jasmani. Sebab sewaktu bangsa Israel dituntun oleh tiang awan dan tiang api dengan jelas mata mereka bisa melihat kapan mereka harus berangkat dan kapan mereka harus berdiam.
Tetapi bila Anda dipimpin oleh Roh Kudus, Anda tidak bisa melihat dengan mata jasmani Anda tetapi dengan IMAN. Roh kudus akan menuntun melalui roh Anda yang tela dilahirkan kembali. Dari dalam diri Andalah Allah akan memimpin Anda. "Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah" (Roma 8:14)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar